Peserta diklat mampu menjelaskan sifat-sifat dan jenis-jenis bahan bangunan, cara penggunaan, cara yang digunakan pada sistem membangun

Disebut Pondasi dangkal karena kedalaman masuknya ke tanah relatif dangkal, hanya beberapa meter masuknya ke dalam tanah. Salah satu tipe yang sering digunakan ialah pondasi menerus yang biasa pada rumah-rumah, dibuat dari beton atau pasangan batu. Fungsi pondasi dangkal meneruskan beban dari dinding dan kolom bangunan ke tanah keras.

AutoCAD adalah salah satu perangkat lunak (SoftWare) yang dipergunakan untuk pembuatan gambar yang berorientasi pada visual, baik gambar dua maupun tiga dimensi yang sangat memerlukan ketelitian dan keakuratan pengukuran. AutoCAD paling banyak dipakai dalam dunia disain konstruksi yang banyak diaplikasikan pada bidang teknik baik itu teknik sipil atau arsitektur, teknik mesin, instslasi listrik, perencanaan tata kota dan sebagainya yang membutuhkan ketepatan dan ketelitian pengukuran. Seiring dengan perkembangan disain, AutoCAD dari waktu ke waktu juga mengalami perkembangan yang pesat. Saat ini AutoCAD tidak hanya merupakan sebuah alat bantu gambar garis (line) yang hanya dapat dibaca saja atau cenderung kaku dalam penyajian. Namun saat ini AutoCAD telah berkembang menjadi alat presentasi yang dinamis dan atraktif yang mampu memberikan gambaran rancangan yang akan dikerjakan pada calon konsumen dan dengan mudah dapat dimodifikasi sebelum rancangan tersebut dilaksanakan.

 

Teknik Pondasi Lanjutan adalah materi kelanjutan dari mata kuliah Teknik Pondasi. Dimana akan dibahas lebih dalam mengenai pondasi dalam. Dikatakan pondasi dalam apabila perbandingan antara kedalaman pondasi (D) dengan diameternya (B) adalah lebih besar sama dengan 10 (D/B >= 10). Contoh konkret dari pondasi dalam ini adalah pondasi tiang (dipancang ataupun dibor) yang umumnya mempunyai diameter lebih kecil dari 1 m.

Mekanika Fluida adalah cabang dari ilmu fisika yang mempelajari mengenai zat fluida dan gaya yang bekerja padanya. Mekanika fluida dapat dibagi menjadi beberapa kelompok besar :

1. Statika fluida, ilmu yang mempelajari keadaan fluida saat diam;

2. Kinematika fluida, ilmu yang mempelajari fluida yang bergerak; dan 

3. Dinamika fluida, ilmu yang mempelajari efek gaya pada fluida yang bergerak.

Peserta diklat  mampu menjelaskan tentang pengertian, fungsi, konsep dasar,  aturan dalam penggambaran serta mampu menggambar teknik sipil di bidang bangunan dan landasan secara manual dan komputerisasi